Endless OS, Sistem Operasi Gratis Minim Kuota

Endless Computers secara resmi merilis hadirnya Endless OS untuk pasar Indonesia. Endless OS merupakan satu sistem operasi baru yang berbasis Linux. Sistem operasi yang dapat diunduh secara gratis ini memiliki beragam aplikasi yang dapat digunakan meski tak terhubung dengan internet. Aplikasi-aplikasi ini tersedia dalam bentuk Flatpak sehingga dapat langsung digunakan tanpa perlu diinstall terlebih dahulu.

Dan ketika pengguna terhubung dengan internet, aplikasi-aplikasi ini akan memperbaharui konten. Sedangkan jika sedang tidak terhubung internet, pengguna masih dapat melihat konten yang terdahulu dan dapat bekerja secara optimal. Semua pembaharuan yang tersedia dapat diunduh secara cuma-cuma, tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun.

Aplikasi-aplikasi yang tersedia dirancang untuk memenuhi kebutuhan bekerja, belajar dan bermain. Aplikasi seperti LibreOffice yang akan memudahkan pengguna untuk bekerja yang memiliki fungsi dan kompatibel dengan Microsoft Office. Bagi para pelajar, tersedia aplikasi untuk belajar matematika secara menyenangkan dengan Tux Matematika, ada pula aplikasi Scratch untuk belajar membuat animasi dan pemrograman komputer.

Selain itu masih tersedia beragam aplikasi lain seperti Gimp, satu apllikasi pengolah gambar open source, Editor Video, Cad3D, Musik, Inkscape, Minetest dan masih banyak lagi aplikasi lainnya. Semua aplikasi ini dapat digunakan baik secara online maupun offline, sehingga memudahkan bagi pengguna yang memiliki keterbatasan koneksi internet.

Matt Dalio, CEO Endless menyatakan bahwa tak semua orang dapat menggunakan komputer dengan optimal karena keterbatasan koneksi dan tingginya biaya internet. Karena itu, Endless OS hadir dengan kemampuan mengoptimalkan kuota internet yang dapat dibeli oleh pengguna.

Endless juga menyediakan pusat download—App Center yang mudah diakses untuk memenuhi kebutuhan penggunaan utama, yakni bekerja, belajar, menjelajah web dan berhubungan melalui media sosial, serta menikmati multimedia dan game. Endless OS ini memiliki antarmuka yang intuitif, mudah digunakan layaknya smartphone. Dengan begitu, pengguna yang belum pernah menggunakan komputer juga dapat dengan mudah menggunakannya.

 


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

adminapkomindo

Leave a Comment

*