Indocomtech 2018 Pamerkan Hasil Karya Pelajar

Salah satu spot menarik dalam pameran Indocomtech 2018 kali ini adalah hadirnya 4 sekolah yang memamerkan hasil karya mereka di bidang teknologi. Sekolah-sekolah tersebut berkumpul di salah satu booth yang diberi nama SMK Corner. Meski tidak semuanya berasal dari SMK tetapi hasil karya mereka cukup menarik minat pengunjung.

Sekolah-sekolah yang tergabung dalam SMK Corner antara lain SMK Taman Siswa 2 Jakarta, SMK Taruna Bhakti Depok, SMA Kristen Kanaan dan SDN Regol 10 Garut.

SMK Taman Siswa 2 memamerkan Game Logika untuk anak-anak. Game ini dibuat untuk mengetahui anak mempunyai bakat apa saja serta menambah pengetahuan anak-anak. Game yang diperuntukkan untuk anak dari umur 4-6 tahun ini dibuat hanya dalam waktu 2 minggu untuk pameran Indocomtech ini.

Tidak hanya itu, SMK Taman Siswa 2 juga memamerkan PC rakitan dengan casing yang terbuat dari bahan fiber transparan. Dengan casing transparan ini, pengunjung dapat melihat isi di dalam PC. Ide dan desain karya siswa SMK Taman Siswa 2 ini dibuat dalam waktu 1 bulan.

Ada juga satu stand yang menarik perhatian, yakni stand SD Negeri Regol 10 Garut. Mereka memamerkan Saron Simulator. Simulator ini dibuat menggunakan coding Scratch yang dihubungkan dengan satu perangkat bernama Mackey-mackey. Saat mengaplikasikannya, pemain harus memegang kabel disebelah kiri dan menekan tembaga, kemudian suara musik akan keluar dari laptop.

Setelah SDN Regol 10, ada stand milik SMA Kristen Kanaan Tangerang. Mereka menampilkan satu karya unik yaitu helm anti ngantuk. Cara kerja dari helm ini adalah jika orang yang menggunakan helm ini, kepalanya mulai miring, maka akan keluar suara untuk membangunkan atau menjaganya agar tetap terjaga. Tidak hanya menampilkan helm, SMA Kristen Kanaan juga menampilkan simulasi smartcity di stand mereka.

Sekolah keempat yang ikut hadir di SMK Corner ini adalah SMK Taruna Bhakti Depok. Mereka menampilkan hasil karya berupa alat penyiram otomatis. Alat ini akan bekerja menyiramkan air ketika tanah mulai kering, dan akan berhenti ketika tanah telah basah.

Hadirnya sisi edukasi di tengah pameran Indocomtech memberikan nuansa yang berbeda selama penyelenggaraan pameran Indocomtech hingga tahun ke 26 ini.

 

 


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bambang W

Leave a Comment

*