APKOMINDO Perkenalkan AXC Animation Studio

APKOMINDO eXcellent Center(AXC), satu program edukasi yang dicanangkan oleh Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia(APKOMINDO) pada tanggal 19 Februari 2020 kemarin resmi merilis hadirnya satu studio animasi yang diberi nama AXC Animation Studio.

AXC Animation Studio dibuat sebagai wadah karya siswa-siswa SMK jurusan Animasi yang telah bekerjasama dengan AXC. Dengan adanya studio animasi ini, maka siswa-siswa SMK dapat melakukan praktek kerja industry ataupun magang di AXC Animation Studio.

AXC Animation Studio mampu mengerjakan semua proses pengerjaan pembuatan animasi 3D, mulai dari naskah, storyboard, desain karakter, hingga menjadi produk film lengkap dengan efek visual dan pencahayaan. Studio ini juga didukung dengan praktisi-praktisi yang berpengalaman di industri animasi.

Saat ini, di AXC Animation Studio sedang berlangsung kegiatan praktek kerja industri(prakerin) dari siswa-siswa SMK Negeri 31 dan SMK PB Soedirman 2 Jakarta jurusan Animasi. Kegiatan praktek kerja industri ini rencananya akan berlangsung selama 3 bulan, mulai Februari hingga April 2020 mendatang.

Dalam waktu 3 minggu kegiatan prakerin, para siswa SMK ini mampu menghasilkan karya animasi 3D yang diberi judul Koko dan Mindo. Meskipun baru rilis dalam bentuk teaser tetapi para siswa SMK telah mampu menguasai sejumlah teknik animasi. Mulai dari modeling, texturing, rigging, layout, rendering, visual effect, lighting hingga animation.

Menurut rencana, episode perdana Koko dan Mindo akan tayang pada awal Maret melalui channel Youtube Koko dan Mindo. ā€œSelanjutnya, diharapkan akan semakin banyak karya-karya berkualitas dan semoga APKOMINDO mampu menjadi jembatan penghubung antara sekolah dan industri, ā€œ kata Rudy D. Muliadi, Ketua Umum APKOMINDO.


Was This Post Helpful:

1 votes, 5 avg. rating

Share:

Bambang W

Leave a Comment