APKOMINDO Gandeng Mal Mangga Dua Gelar Workshop Coding

Kemajuan teknologi informasi harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang kompeten yang tidak hanya menjadi pengguna, tetapi juga mampu menjadi pencipta aplikasi dan teknologi digital. Sudah saatnya anak usia sekolah mulai mendapatkan mata pelajaran computer science atau pemrograman komputer(coding).

Untuk memperkenalkan coding kepada anak usia sekolah, AXC(APKOMINDO eXcellent Center) mengadakan workshop coding dengan tema Membuat Game Sederhana. Workshop ini ditujukan untuk para peserta didik ditingkat SMP, SMA, SMK dan/atau sederajat.

Ketua Umum APKOMINDO, Rudy D. Muliadi bertindak sebagai pemateri dalam workshop ini. Dalam kesempatan ini, Rudy Muliadi memperkenalkan satu aplikasi coding yang simple dan dengan interface yang menarik yaitu Scratch.

Scratch adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan konsep pemrograman komputer secara sederhana sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai latar belakang. Scratch merupakan satu aplikasi open source yang dikembangkan oleh MIT Media Lab, dengan dukungan keuangan dari National Science Foundation, Microsoft, Intel Foundation, Yayasan MacArthur, Google, Iomega dan MIT Media Lab.

Scratch menampilkan antar muka yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Konsep pemrograman scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle. Scratch dapat digunakan untuk membuat aplikasi, animasi atau games. Selain itu, scratch juga memudahkan anak memahami konsep logika matematika dan komputer. Dengan scratch konsep pemrograman dapat dipahami dengan mudah dan sangat baik untuk menyalurkan kreatifitas anak dalam belajar sekaligus bermain (edutainment).

Workshop yang digelar di Digital Room, Mal Mangga Dua lantai 4 ini diikuti kurang lebih 35 peserta yang berasal dari beberapa sekolah diantaranya SMK Cinta Kasih Tzu Chi yang berlokasi di Cengkareng. Workshop ini terbagi dalam 2 batch, tanggal 13 April 2019 dan 20 April 2019. Tidak hanya itu, APKOMINDO bekerjasama dengan Mal Mangga Dua juga mengadakan kompetisi Scratch bagi guru dan peserta didik dengan hadiah jutaan rupiah.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bambang W

Leave a Comment

*