Workshop Printing Kreatif di SMKN 9 Bandung

Pada tanggal 10-11 April 2019 kemarin, tim AXC(APKOMINDO eXcellent Center) mendapat undangan untuk menghadiri event Creative Edu Job Fair yang digelar oleh SMKN 9 Bandung. Acara dengan konsep pameran ini diikuti oleh puluhan perwakilan dari Universitas, Sekolah Tinggi dan perwakilan dari Dunia Usaha Dunia Industri(DUDI).

Dalam usaha untuk mengembangkan keterampilan dan keahlian generasi muda dalam kewirausahaan, tim AXC mendapat kehormatan untuk mengadakan pelatihan atau workshop bagi peserta didik SMKN 9 Bandung dari jurusan Desain Komunikasi Visual(DKV) pada tanggal 10 April 2019.

Workshop yang dibawakan adalah printing kreatif dengan pembicara Rudy D. Muliadi yang juga merupakan Ketua Umum APKOMINDO. Dalam paparannya, para siswa diperkenalkan mengenai teknologi printing termasuk teknologi tentang print head yang menjadi komponen penting dalam proses cetak mencetak. Selain itu, peserta juga diberikan pemahaman terkait tinta, bahan, perlengkapan yang dibutuhkan dan potensi pasar cetak kreatif saat ini.

Setelah diberikan teori pemahaman tentang printing, pelatihan dilanjutkan dengan proses produksi. Para peserta diajarkan bagaimana proses dan cara mencetak gambar diatas kaos dan mug menggunakan proses sublimasi. Para peserta dipersilakan untuk membuat desain sesuai kreativitas masing-masing untuk kemudian dicetak dan dipress diatas bahan kaos dan mug.

Melalui kegiatan praktek produksi ini, peserta menjadi lebih memahami teori yang telah disampaikan sebelumnya. Setelah para peserta memahami bagaimana proses cetak, peserta mulai percaya diri untuk memasarkan mug hasil karya mereka di pameran. Tidak hanya itu, peserta didik juga menerima pesanan cetak mug dari para pengunjung pameran.

Tidak hanya workshop printing kreatif, tim AXC juga mengadakan dua workshop lain yaitu workshop digital painting yang bekerjasama Grandtech dan workshop Printing 3D.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bambang W

Leave a Comment

*