Kontribusi APKOMINDO Pada Pelaksanaan UNBK SMP

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK) tingkat SMP di Jakarta telah dilaksanakan pada tanggal 23-26 April 2018. Metode UN melalui UNBK tahun ini mencapai 78 persen dari seluruh pelaksanaan UN untuk SMK/SMA/MA sederajat dan SMP/MTs sederajat.

Pelaksanaan UN tahun ini masih terbagi menjadi dua moda yakni kertas dan pensil (UNKP) dan berbasis komputer (UNBK). Selain UN, siswa juga bakal mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN). Data Kemendikbud mencatat UN tahun ini bakal diikuti oleh 8,1 juta peserta didik dan 96 ribu satuan pendidikan.

“Tahun ini UNBK meningkat signifikan dari tahun lalu. Total 78 persen sudah menyelenggarakan UNBK dan ada 16 provinsi yang siap menyelenggarakan 100 persen UNBK SMA sederajat seperti DKI Jakarta, Aceh bahkan provinsi terbaru Kalimantan Utara,” kata Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan Kemendikbud Bambang Suryadi saat konferensi pers persiapan UN di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Selasa (13/3).

Tercatat, sebanyak 6.293.552 peserta didik bakal mengikuti UNBK. Jumlah ini meningkat dari peserta UNBK tahun lalu sebanyak 3,7 juta siswa. Meningkatnya jumlah pelaksanaan UNBK ditunjang dengan adanya penggunaan bersama sumber daya yang tersedia.¬† “Ada¬†resource sharing¬†misalnya milik SMA digunakan SMK dan sebaliknya, karena jadwalnya berbeda,” tutur Bambang.

Untuk mendukung terlaksananya UNBK, APKOMINDO memberikan kontribusi nyata dengan memberikan pinjaman unit komputer ke SMPN 62 Jakarta Timur. Menurut Sapto Riyadi, Kepala Sekolah SMP 62, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk dapat melaksanakan UNBK sebanyak 2 sesi dengan nyaman dan lancar.

Upaya yang dilakukan antara lain merangkul orang tua murid yang mampu meminjamkan laptop untuk digunakan UN bagi putra-putrinya. Upaya ini disambut terbuka oleh para orang tua murid. Namun, hal ini belum mencukupi untuk melakukan UN sebanyak 2 sesi. Untuk memenuhi kebutuhan perangkat, diinisiasi oleh salah satu wali murid, Sapto mengadakan pertemuan dengan APKOMINDO.

Pertemuan tersebut membawa hasil, APKOMINDO meminjamkan 85 unit komputer untuk pelaksanaan UNBK di SMPN 62 Jakarta Timur. Dengan bantuan perangkat dari APKOMINDO, SMPN 62 mampu mengadakan UNBK sebanyak 2 sesi dengan lancar. Peserta UNBK di SMP 62 berjumlah sekitar 312 siswa.

Dalam waktu kurang lebih satu minggu, tim dari APKOMINDO membantu persiapan UNBK di SMP 62, mulai dari instalasi jaringan hingga instalasi komputer dan aplikasi ExamBro. Menjelang pelaksanaan UNBK, SMP 62 sempat mengadakan Sosialisasi Pelaksanaan dan Troubleshooting UNBK untuk SMP se-Kecamatan Jatinegara.

Acara yang diinisiasi oleh Sapto Riyadi selaku Kepala Sekolah SMP 62 ini dihadiri para Kepala Sekolah, Proktor dan Teknisi SMP di wilayah Kecamatan Jatinegara. Pada kesempatan ini, Ketua Umum APKOMINDO memberikan paparan mengenai solusi perangkat UNBK bagi sekolah dan memamerkan teknologi thin client yang bisa digunakan untuk UNBK kepada para peserta yang hadir.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bambang W

Leave a Comment