FESTIK 2018 Digelar Di Cirebon

Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (FESTIK) 2018 resmi digelar di Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu  tanggal 1 Desember 2018. Acara yang berlangsung selama 2 hari ini dibuka langsung Pejabat Wali Kota Cirebon Dedi Taufik di Graha Pena Radar Cirebon.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), mengagendakan 28 workshop dan 4 seminar yang dilaksanakan secara paralel dan berkesinambungan.

“Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi pemersatu bangsa dalam pelaksanaan dan mendukung industri digital,” ucap Dedi Taufik dalam sambutannya.

Ketua Pelaksana FESTIK 2018 Muhammad Arifin mengatakan, pelaksanaan acara berada di dua tempat, yakni di Graha Pena Radar Cirebon dan SMAN 4 Kota Cirebon.

“Tujuan dari FESTIK untuk mengedukasi, mengapresiasi dan menginspirasi masyarakat terkait pemanfaatan TIK guna mendukung dan meningkatkan kesatuan dan persatuan, serta memperkenalkan perkembangan TIK dan teknologi digital kepada masyarakat,” ujarnya.

Ketua Umum RTIK Indonesia, Fajar Eri Dianto mengatakan, Festik 2018 ini merupakan kali ke-7 dan Kota Cirebon terpilih menjadi tuan rumah. Tujuan utama dari Festik 2018 adalah untuk memperkokoh tali silaturahmi antarRTIK se-Indonesia guna bersama bergandengan tangan demi memajukan negeri menjadi lebih baik dari segala aspek ke depannya, sambung Fajar Eri.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh Relawan TIK dari 34 provinsi, 400 pengurus wilayah, cabang serta 98 mitra kerja sama. Selain menggelar workshop dan seminar, dalam acara yang bertema ‘Sehati Ing Smart City’ itu juga dimeriahkan pameran produk teknologi seperti start up, aplikasi smart city dan e-commerce.

Produk UMKM seperti makanan, aksesori dan buah tangan juga turut dihadirkan dalam bazar. Uniknya semua pembayarannya dilakukan secara non tunai. Selain itu, juga diadakan penandatangan MoU Relawan TIK dan pondok pesantren tentang Pendampingan Santri Digital.

APKOMINDO turut hadir memeriahkan gelaran FESTIK 2018 dengan menghadirkan workshop Digital Printing yang diselenggarakan pada tanggal 2 Desember 2018. Workshop ini diikuti oleh mahasiswa serta guru-guru yang ada di sekitar wilayah Cirebon.  Selain itu, FESTIK 2018 juga menggelar seminar nasional dengan tema Membangun Smart City, Membangun Smart Society yang menghadirkan pembicara antara lain pakar IT, Onno W. Purbo.

Turut hadir dalam acara ini Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian & Maritim Kemenkominfo Septriana Tangkary, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Rosarita Niken Widiastuti, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Barat Hening Widiatmoko, serta Kepala Dinasa Komunikasi Informasi dan Statistika (DKIS) Kota Cirebon, Iing Daiman.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bambang W

Leave a Comment

*