Beberapa Teknologi Pendukung Monitor

Pada sebuah monitor, tertanam layar display yang digunakan untuk menampilkan gambar. Dalam perkembangannya, beberapa teknologi canggih dibenamkan untuk memperoleh tampilan yang maksimal. Teknologi ini dapat diaplikasikan juga untuk televisi, smartphone dan gadget lainnya. Teknologi tersebut antara lain:

Touchscreen

Teknologi ini menggunakan sensor sentuhan dan saat ini banyak digunakan pada semua perangkat gadget. Sensor ini memberikan masukan melalui sentuhan, gerakan, gesekan atau beberapa sentuhan bersamaan disebut juga multi-touch dengan menggunakan jari atau perangkat seperti pena.

Retina Display

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan oleh Apple Inc saat membesut Apple iPhone4. Retina display ini adalah satu teknologi yang membuat mata pengguna sulit untuk mengidentifikasi piksel pada sebuah layar.

Teknologi Retina Display bisa diaplikasikan pada perangkat yang memiliki kepadatan piksel lebih dari 163ppi. Keunggulan dari teknologi ini adalah tampilan yang lebih jernih dan warna lebih tajam.

Quantum Dot

Teknologi ini diperkenalkan oleh Samsung saat merilis hadirnya Smart TV SUHD. Teknologi ini mampu memproduksi gambar dengan tampilan lebih terang dan tone warna yang lebih menonjol. Dengan begitu, kontras warna dan ketajaman gambar akan tampak lebih jelas dan terang.

Corning Gorilla Glass

Teknologi ini adalah pelindung kaca khusus pada layar sentuh HP atau Smartphone, berbahan alkali aluminosilikat, memiliki ketahanan terhadap kerusakan yang luar biasa, membantu melindungi layar ponsel dari goresan, tetesan, dan penggunaan sehari-hari. Gorilla Glass banyak digunakan oleh perusahaan vendor Smartphone untuk membuat layar ponsel lebih kuat, tahan lama dan dapat diandalkan.

Superhydrophobic Display

Teknologi ini dikembangkan dan dipatenkan oleh  SAMSUNG. Raksasa elektronik asal Korea itu mengklaim bahwa teknologi ini mampu mengusir air, serta debu dan kotoran dari atas permukaan layar. Hal ini juga mengurangi pantulan cahaya dan sangat tahan terhadap sidik jari dan noda.

 


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

admin zakisahil

Leave a Comment

*