AXC Hadirkan Workshop Screen Printing Bagi Siswa SMK

APKOMINDO eXcellent Center(AXC) kembali menghadirkan workshop bagi para pelajar SMK. Workshop ini diadakan bersamaan dengan penyelenggaraan Lomba Kompetensi Siswa(LKS) SMK tingkat provinsi Jawa Barat yang digelar di SMKN 1 Cirebon.

Pada kesempatan kali ini, AXC menghadirkan dua sesi workshop bagi para siswa SMK. Sesi pertama, AXC menghadirkan tema Mengatasi Permasalahan Pada Printer yang dibawakan oleh tim dari Veneta. Workshop ini diikuti oleh 60 siswa.

Para siswa diberikan pemahaman mengenai macam-macam printer seperti apa itu ribbon printer, inkjet printer ataupun laserjet printer. Siswa juga diperkenalkan dengan bermacam tinta printer. Workshop sesi 1 berlangsung selama 2 jam dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Pada sesi kedua, AXC menghadirkan workshop dengan tema Teknik Dasar Screen Printing. Workshop ini juga cukup mendapat perhatian para siswa. Tidak kurang dari 60 siswa kembali memenuhi ruangan workshop untuk mendengarkan penjelasan mengenai Screen Printing atau Sablon melalui pakarnya Bapak Oji Zie Sablon.

Para siswa diberikan pemahaman tentang apa itu sablon dan juga alat-alat yang diperlukan seperti screen, rakel, tinta, obat afdruk dan lain sebagainya. Siswa juga diberi pengertian tentang bagaimana membuat film kemudian mengafdruknya keatas screen. Peserta workshop yang mayoritas laki-laki menyimak dengan serius apa yang dipaparkan oleh narasumber.

Setelah memberikan pemahaman mengenai dasar-dasar sablon, siswa diberi waktu untuk mempraktekkan dasar-dasar sablon. Menggunakan peralatan seadanya, para siswa mulai mempraktekkan sablon diatas media kaos yang telah disediakan. Dengan begitu diharapkan siswa dapat mengerti dan memahami bagaimana proses sablon diatas kaos. Bahwa dengan modal yang tidak begitu besar, para siswa sudah bisa menghasilkan uang melalui bisnis sablon.

Terlebih para siswa SMK ini telah dibekali ilmu-ilmu komputer dan juga desain grafis sehingga cukup memudahkan mereka dalam membuat desain yang bagus untuk kemudian diterapkan di kaos melalui proses sablon. Yang terpenting adalah menggali hobi dan minat siswa pada industri ini.

Penyelenggaraan LKS SMK tingkat provinsi Jawa Barat berlangsung selama tiga hari, 17-19 Oktober 2017 dengan mempertandingkan 25 mata lomba yang digelar di 6 sekolah berbeda di kota dan kabupaten Cirebon. Sedangkan di SMKN 1 Cirebon sendiri, dipertandingkan 9 mata lomba diantaranya Animasi, Desain Grafis, Networking Support, CADD Building, CADD Mechanical Engineering, Commercial Wiring, Electronic Application, Industrial Control dan Mechantronics.