Meningkatkan Keterampilan Guru TIK Melalui Coding Teacher Academy

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Coding Teacher Academy (CTA)  sebagai bagian dari  Program Digital Talent Scholarship Tahun 2019 (DTS 2019).  Program CTA ini diikuti sebanyak 1817 orang guru TIK dan berlangsung di enam lokasi.

“Program Coding Teacher Academy memberikan kesempatan bagi 2.000 guru TIK SMK, SMA, SMALB atau Madrasah Aliyah untuk meningkatkan skill di bidang pemrograman,” jelas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia, Kementerian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar dalam Pembukaan Batch I CTA di Pusat TIK Nasional, Tangerang Selatan, Banten, pada hari Senin, 1/7/2019.

Menurut Basuki, program ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan mengenai pemrograman berbasis Python kepada para guru TIK. “Setelah mengikuti program ini, guru-guru dapat meneruskan ilmu pengetahuan yang di dapat kepada siswa siswi di sekolah tempat mengajar,” tuturnya.

Kepala Balitbang SDM Kementerian Kominfo mengharapkan semua peserta dapat mendukung upaya pemerintah dalam menyiapkan tenaga terampil agar Indonesia bisa menerapkan revolusi industri 4.0.

Pelatihan CTA ini berlangsung di enam lokasi, yaitu Balai Pelatihan dan Pengembangan TIK Cikarang-Bekasi, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Kominfo – Jakarta Barat, Pusat TIK Nasional Ciputat-Tangerang Selatan,  Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta, Wisma MM Universitas Gadjah Mada Yogyakarta serta University Club Yogyakarta.

Total peserta pelatihan CTA ini sebanyak 1.817 orang guru TIK dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI. Yogyakarta dan Jawa Timur. Sebagai salah satu Program DTS 2019, CTA ini dikhususkan untuk para guru  bidang TIK pada SMK, SMA, SMALB, dan Madrasah Aliyah serta terbuka bagi Guru PNS dan Non PNS.  CTA berlangsung dengan model pembelajaran kombinasi tatap muka dan daring selama 70 jam pelajaran.

Program DTS 2019 merupakan program pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai bagian dari prioritas pembangunan prioritas nasional. Beasiswa pelatihan kompetensi DTS 2019 ditujukan untuk meningkatkan keterampilan (up-skilling) SDM bidang Komunikasi dan Informatika sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa.

Melalui Program DTS 2019 Kementerian Kominfo memberikan beasiswa pelatihan bidang paling mutakhir seperti Artifical Intelligence, Big Data, Cloud Computing, Cyber Security, Internet of Things, dan Machine Learning guna menyambut Revolusi Industri 4.0.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bambang W

Leave a Comment

*