APKOMINDO Gelar Workshop Di Sosialisasi Anugerah Atikan Creative Camp

Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan(Tikomdik), Dinas Pendidikan Jawa Barat kembali menggelar Anugerah Atikan 2019. Event tahunan yang bertujuan untuk membangun masyarakat yang kritis, inovatif dan berdaya saing ini menginjak pelaksanaan tahun kedua. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana para pemangku kepentingan (stakeholders) pendidikan saling bertukar pikir, asah, asih dan asuh untuk bersama memikirkan masa depan bangsa melalui pendidikan.

Pada tahun 2019 ini, Anugerah Atikan memiliki 7 mata lomba dibidang TIK yang dapat diikuti oleh guru, peserta didik maupun satuan pendidikan yang ada diwilayah Jawa Barat. Terdapat 2 mata lomba baru dalam Anugerah Atikan kali ini, yaitu 3D Modelling dan Visualisasi Pembelajaran AR.

Untuk lebih memperkenalkan 2 mata lomba baru ini, pada tanggal 9 hingga 11 September yang lalu, Tikomdik Jabar mengadakan satu acara bertajuk Sosialisasi Anugerah Atikan Creative Camp dengan mengundang 100 orang yang terdiri dari para guru peserta lomba, kordinator serta para juri mata lomba.

APKOMINDO bekerjasama dengan PT. ASABA turut hadir sebagai juri untuk mata lomba 3D Modelling. Dalam kesempatan ini APKOMINDO juga diminta untuk menggelar workshop bagi para undangan yang hadir. Workshop yang di gelar oleh APKOMINDO diantaranya workshop 3D printer, workshop cutting sticker dan workshop digital printing sublimasi. Ketiga workshop ini dinilai tepat untuk mengembangkan potensi kewirausahaan bagi para guru dan siswa di sekolah.

Pada workshop kali ini, PT. ASABA menampilkan masing-masing 3 unit printer 3D Alta Silhouette dan 3 cutting printer Cameo untuk digunakan oleh para peserta workshop. Dan untuk workshop digital printing, para peserta diajarkan bagaimana proses mencetak diatas mug dan kain menggunakan proses sublimasi.

Agenda workshop ditutup dengan digelarnya workshop Pembelajaran Augmented Reality(AR) yang dibawakan oleh perwakilan dari Assemblr, salah satu platform mobile yang membantu pengguna membuat konten 3D yang divisualisasikan ke dalam bentuk Augmented Reality.

Final Anugerah Atikan sendiri direncanakan akan dihelat pada tanggal 23-25 November 2019 setelah melewati masa penjurian di tanggal 1 hingga 15 November 2019.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bambang W

Leave a Comment

*