Beberapa tahun terakhir, penjualan komputer tidak mengalami pertumbuhan, bahkan cenderung menurun. Hal ini didorong kehadiran smartphone dan tablet yang membuat peta bisnis mengalami pergeseran. Dengan ukuran yang ringkas dan kemampuan setara dengan komputer membuat penjualan smartphone atau tablet terus merangkak naik sementara penjualan komputer mengalami penurunan.
Namun pada kuartal kedua di tahun 2018 ini, industri perangkat komputer mulai menunjukkan tren positif. Hal ini merujuk pada lembaga riset Gartner yang baru saja merilis laporan pengapalan komputer secara global pada kuartal kedua 2018. Tercatat sebanyak 62,1 juta unit PC dikapalkan.
Angka tersebut naik 1,4% dari periode yang sama tahun lalu. Kondisi ini pertama kali terjadi setelah enam tahun. Terakhir kali pasar komputer mengalami pertumbuhan pada kuartal pertama 2012. Melihat pertumbuhan ini Gartner menilai sebagai tanda pasar yang mulai stabil.
Mikako Kitagawa, analis Gartner menilai jika pertumbuhan pengiriman komputer pada kuartal kedua 2018 didorong oleh peningkatan permintaan di pasar bisnis, yang diimbangi dengan penurunan pengiriman di segmen konsumen. Namun kondisi ini diprediksi tidak akan bertahan lama, karena konsumen masih lebih memilih smartphone dibanding komputer.
“Di segmen konsumen, terjadi perubahan dalam perilaku pengguna PC dan ini terus berdampak pada pertumbuhan pasar. Konsumen menggunakan ponsel cerdas untuk tugas yang lebih banyak sehari-hari, seperti memeriksa media sosial, kalender, perbankan dan belanja, yang mengurangi kebutuhan untuk komputer konsumen,” ungkap Mikako.
Menurut Gartner, Lenovo menjadi vendor computer dengan pengapalan tertinggi mencapai 13,6 juta dengan pangsa pasar 21,9%. Diikuti HP diposisi kedua yang mengapalkan 13,5 juta unit dengan market share 21,9%. Posisi selanjutnya ditempati Dell yang mampu mengapalkan 10,5 juta unit dengan market share 16,8%. Sementara Apple ada diposisi keempat yang mampu menjual 4,5 juta unit dengan pangsa pasar 7,1%. Lalu Acer dengan pertumbuhan 3,97 juta unit dengan pangsa pasar 6,4%.
Lembaga riset IDC juga mengemukakan hal yang sama, hanya saja IDC mencatat pertumbuhannya mencapai 2,7%, lebih besar dari yang dirilis oleh Gartner. Menurut IDC, selain besarnya permintaan dari segmen pasar bisnis, segmen pengguna PC Gaming juga turut mendorong angka peningkatan ini.