Seminar Nasional Pemanfaatan TIK Dalam Mendukung Pendidikan 4.0

APKOMINDO Excellent Center (AXC) bekerjasama dengan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan Seminar Nasional Pemanfaatan TIK Dalam Mendukung Pendidikan 4.0.

Kegiatan kolaborasi ini dilaksanakan bersamaan dengan Kompetisi Kihajar 2018, yang merupakan ajang kompetisi kemampuan siswa setingkat SD, SMP dan SMA dalam penguasaan mata pelajaran sehari-hari di sekolah. Seminarnya sendiri disediakan oleh Balai Tekkomdik Provinsi Kalimantan Selatan, Pustekkom dan AXC sebagai media peningkatan kapasitas bagi guru/kepala sekolah yang hadir mendampingi peserta kompetisi Kihajar. Seminar juga terbuka bagi orang tua dan mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan.

Kegiatan perdana seminar nasional dilaksanakan pada Senin, 13 Agustus 2018 di Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Kalimantan Selatan dibuka oleh Bapak Ibnu Sina, S.Pi., MSi, selaku Walikota Banjarmasin. Gogot Suharwoto Ph.D selaku Kepala Pustekkom Kemdikbud danĀ  Drs HM Yusuf Effendi MAP sebagai Kadisdik Provinsi Kalimantan Selatan turut memberikan sambutan dan motivasi dihadapan seluruh peserta yang jumlahnya lebih dari 500 orang.

Narasumber yang memberikan materi dalam seminar nasional ini antara lain:

  1. Gogot Suharwoto Ph.D, Kepala Pustekkom Kemdikbud RI bertema Kebijakan Pemanfaatan TIK Untuk Pendidikan dan Kebudayaan
  2. Hendro Gunarto dari Pustekkom bertema Produk & Layanan Pustekkom
  3. Yane Hendarrita dari Pustekkom bertema Rumah Belajar
  4. Hani Purnawanti dari BONET bertema Edukasi 4.0 Untuk Indonesia
  5. Rudy D. Muliadi dari APKOMINDO bertema Pemanfaatan TIK Untuk Pendidikan

Dalam penyampaikan materinya, secara umum hal yang disampaikan oleh narasumber adalah bahwa pentingnya peningkatan kapasitas SDM guru dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan pemanfaatan TIK. Oleh karenanya diperlukan perubahan mindset bahwa TIK memberatkan dan menambah rumit pekerjaan menjadi TIK adalah alat mempermudah segalanya sehingga baik guru maupun siswa dapat bersama-sama mendapatkan manfaatnya.

Acara yang dimulai sejak pukul 10:00 sampai dengan 15:00 WIT, berlangsung interaktif. APKOMINDO bertujuan untuk mensosialisasikan solusi terbaik bagi pendidikan, khususnya di bidang pemanfaatan TIK.

Seminar nasional selanjutnya akan dilaksanakan di DI Yogyakarta pada 29 Agustus 2018, Bali 5 September 2018, Jambi 6 September 2018 dan Bandung 12 September 2018 dengan narasumber dari Pustekkom, Ketua APKOMINDO Rudy D. Muliadi dan Praktisi TIK Michael S. Sunggiardi. Hingga saat ini pendukung kegiatan program seminar nasional ini adalah Pustekkom, APKOMINDO, Koperasi TIK Indonesia, APKOMINDO.INFO, Relawan TIK Indonesia dan BONET.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bambang W

Leave a Comment

*