ROCI Gandeng APKOMINDO Gelar Workshop Dan Lomba Robotic

Ajang pameran buku Indonesia International Book Fair telah digelar pada tanggal 4 – 8 September 2019 di Hall A, JCC Senayan Jakarta. Pameran buku internasional yang digelar oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) itu dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ketua Panitia IIBF 2019, Djadja Subagdja mengatakan, IIBF 2019 kali ini ada banyak kegiatan untuk meningkatkan literasi masyarakat. “Ada peluncuran buku, dan wisata literasi. Kita mengundang siswa PAUD, TK, SD terutama, dan juga SMP, di hari-hari terutama Rabu, Kamis, Jumat agar mereka bisa mengenal buku terutama buku-buku asing,” ungkapnya.

Djadja menambahkan, panitia menyediakan Zona Kalap, zona di mana masyarakat bisa membeli buku dengan diskon besar-besaran, 40 hingga 90 persen dari berbagai penerbit. Juga tersedia 500 ribu eksemplar buku yang terdiri dari 5.000 judul yang diterbitkan oleh 250 penerbit. Di zona tersebut pun ada produk non-buku berupa mainan edukatif dan pernak-pernik perbukuan.

Pada ajang IIBF 2019 kali ini, AXC(APKOMINDO eXcellent Center) menghadirkan workshop coding dan robotic. Workshop ini bekerjasama dengan ROCI(Robotic Organizing Committee Indonesia) dan disupport penuh oleh IIBF.

Tidak hanya workshop, ROCI dan APKOMINDO juga menggelar lomba robotic. Lomba terbagi dalam 2 kategori yaitu Creative Design dan Robot Construction. Masing-masing kategori terbagi dalam 3 jenjang yakni SD, SMP dan SMA/SMK. Peserta lomba hadir dari Jakarta, Depok dan juga Bengkulu.

Pada mata lomba Creative Design, peserta menampilkan robot hasil karyanya untuk didemonstrasikan dihadapan juri dan pengunjung. Ada bermacam robot hasil karya peserta, ada robot smart home, smart traffic, pendeteksi kebocoran gas dan masih banyak lagi karya lainnya. Pada katetegori Creative Design jenjang SD, keluar sebagai pemenang adalah SD IT Baitul Izzah Bengkulu, untuk jenjang SMP, pemenangnya adalah SMP 1 Bengkulu dengan robot smart traffic, sedangkan jenjang SMA/SMK, yang berhasil keluar sebagai pemenang adalah SMK 1 Bengkulu dengan robot pemisah logam.

Sedangkan pada mata lomba Robot Construction, panita menyediakan 6 robot untuk kemudian dibongkar dan disusun kembali oleh peserta. Peserta yang tercepat dalam menyusun kembali robot-robot tersebut keluar menjadi pemenang. Pada kategori ini, SD IT Al Haraki Depok menjadi yang tercepat untuk jenjang SD dan SMPK 2 Penabur Jakarta menjadi yang tercepat untuk jenjang SMP, SMA/SMK.

Lomba serta workshop ini digelar selama 2 hari di lobby Hall A dan memperoleh antusiasme yang cukup meriah. Diharapkan acara-acara robotic dapat secara rutin diadakan untuk menunjang proses pembelajaran bagi siswa-siswa sekolah.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bambang W

Leave a Comment

*