Edukasi Cetak Digital Kreatif

PT. Kreasinusa, perusahaan penyedia solusi bisnis cetak digital sublimasi menghadirkan satu printer sublimasi dengan merek PrimeJet. PrimeJet menghadirkan printer sublimasi bertipe STX dengan dimensi cetak 1,6 meter.

Pengertian cetak sublimasi adalah proses pemindahan artwork dari kertas ke atas bahan dengan bantuan pemanas. Tinta akan berubah menjadi gas dibawah pengaruh panas diatas beragam media. Media yang umum digunakan adalah bahan yang berjenis Polyester.

Untuk mengedukasi masyarakat terkait percetakan sublimasi, PT. Kreasinusa menghadirkan seminar dengan tema Prospek Bisnis Cetak Digital Kreatif di Indonesia. Seminar ini akan diselenggarakan diberbagai kota antara lain Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya dan Bali.

Untuk kota Jakarta, seminar telah diadakan pada tanggal 8 November 2018. Pada kesempatan ini, hadir sebagai pembicara Alipudin Djajawiguna selaku General Manager PT. Kreasinusa dan Rudy D. Muliadi selaku praktisi cetak sublimasi.

Sebagai general manager, Alipudin menjelaskan terkait kehadiran PrimeJet diIndonesia serta keunggulan-keunggulan yang ditawarkan. “PrimeJet adalah printer cetak digital sublimasi buatan China. Printer ini memiliki kualitas cetak yang baik, presisi dengan kecepatan cetak yang tinggi,” jelas Alipudin.

Sementara itu, Rudy D. Muliadi, seorang praktisi cetak sublimasi yang juga Ketua Umum APKOMINDO ini menjelaskan mengenai bisnis cetak kreatif di Indonesia. “Bisnis cetak kreatif sublimasi memiliki pasar yang luas dan banyak dibutuhkan terutama di era transformasi dan menjelang pesta demokrasi saat ini, “ ujarnya.

Dengan teknologi sublimasi, banyak aplikasi dan produk kreatif yang bisa diciptakan. Tidak hanya fashion dan apparel, industry kreatif seperti gift, merchandise dan souvenir juga dapat dibuat menggunakan teknologi sublimasi.

Lebih lanjut Rudy memaparkan bahwa untuk dapat menghadirkan produk-produk kreatif yang layak jual, diperlukan pula sumber daya manusia yang juga kreatif. Untuk itu, PT. Kreasinusa juga akan mengedukasi pelajar-pelajar khususnya SMK untuk dibimbing agar dapat menjadi tenaga-tenaga professional yang mampu menunjang industri kreatif.

Roadshow seminar akan kembali hadir di kota Bandung pada tanggal 14 November 2018, yang disusul dengan kota Solo pada tanggal 21 November 2018, berlanjut ke kota Surabaya pada tanggal 28 November 2018 dan rangkaian roadshow akan ditutup di pulau Bali pada tanggal 7 Desember 2018.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Bambang W